Penggunaan Teknologi Di Kalangan Remaja

Halo pembaca-pembaca, kali ini kita akan membahas tentang penggunaan teknologi bagi remaja, terutama dengan berkembangnya gadget-gadget seperti Smartphone, Tablet, dan lain-lain yang akan ditinjau dari klasifikasi, dampak positif dan negatif yang ditimbulkan dari adanya perkembangan teknologi tersebut. Happy Reading..

Seperti yang kita ketahui sekarang, bahwa perkembangan teknologi yang terjadi di dunia sangatlah pesat. Dulu, untuk melakukan pengiriman surat saja, butuh waktu berhari-hari agar surat tersebut bisa sampai pada si penerima. Tetapi, dengan berkembangnya teknologi yang makin tahun makin canggih, untuk mengirim surat saja hanya diperlukan hitungan detik dan hanya butuh perantara berupa Smartphone, Tablet, dan lain-lain.



iPhone 5S, salah satu contoh dari perkembangan yang sangat signifikan di bidang teknologi
iPhone 5S, salah satu contoh produk dari Apple, dan merupakan perkembangan yang sangat signifikan di bidang teknologi
Banyak sekali keuntungan yang dapat kita rasakan dari adanya perkembangan teknologi terutama dibidang gadget dan Smartphone. Tetapi, disamping keuntungan-keuntungan yang kita rasakan, terdapat juga sisi negatif dari berkembangnya teknologi jika kita tidak dapat memilahnya. Maka dari itu diperlukan juga kebijakan dari pengguna untuk bisa memilah mana dampak yang buruk dan mana dampak yang baik agar kita tidak masuk ke jalur yang salah.
Ada 3 klasifikasi dasar tentang teknologi, yaitu :
1. Kemajuan Teknologi yang Bersifat Netral, maksudnya yaitu akan terjadi bila tingkat pengeluaran (output) lebih tinggi dicapai dengan dan faktor-faktor pemasukan (input) yang sama.
2. Kemajuan teknologi yang hemat tenaga kerja
Kemajuan teknologi yang terjadi sejak akhir abad kesembilan belas banyak ditandai oleh meningkatnya secara cepat teknologi yang hemat tenaga kerja dalam memproduksi sesuatu mulai dari beras-beras sampai motor hingga jembatan.
3. Kemajuan teknologi yang hemat modal
Fenomena yang relatif langka. Hal ini terutama disebabkan karena hampir semua riset teknologi dan ilmu pengetahuan di dunia dilakukan di negara-negara maju, yang lebih ditujukan untuk menghemat tenaga kerja, bukan modalnya.



Perkembangan teknologi dari zaman ke zaman
Perkembangan teknologi dari zaman ke zaman
Dampak-dampak positif yang dapat kita rasakan dan kita nikmati dari adanya perkembangan teknologi bagi remaja yaitu :
1. Lebih Mudah Mendapatkan Informasi.
Dengan kemajuan di bidang teknologi, kita dapat mendapatkan wawasan dan pengetahuan yang tidak terbatas melalui internet yang dapat diakses dimanapun. Yang Anda butuhkan hanyalah sebuah gadget dan paket internet dari provider untuk menikmati fitur-fitur gratis tanpa batas tersebut.
2. Dapat Berkomunikasi dengan Orang yang Jauh dari Kita.
Kemajuan teknologi pun juga mempermudah seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain yang jaraknya jauh dari kita. Yang dahulunya harus menggunakan surat dan membutuhkan waktu berhari-hari, kini hanya dalam hitungan detik Anda dapat berkomunikasi melalui aplikasi Social Media yang tersedia di dalam Smartphone, seperti Whatsapp, Twitter, BBM, Line, dan lain-lain.
3, Dapat Melakukan Layanan Perbankan
Kegiatan perbankan zaman sekarang sudah semakin mudah dilakukan dengan adanya e-banking, i-banking, dan lain-lain. Kita dapat mentransfer dana, mengecek saldo, mengecek kurs, melakukan pembayaran, dan lain-lain. Yang kita butuhkan lagi- lagi hanyalah sebuah smartphone dan Internet!
4.Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru
Metode-metode yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat menjadi sesuatu yang mudah dipahami.

Dampak-dampak negatif dari perkembangan teknologi pada remaja yaitu :
1. Merenggangkan Hubungan Orang Tua Dengan Anak
Terkadang, perkembangan teknologi juga membawa dampak yang tidak baik seperti dapat merenggangkan hubungan anak dengan orang tua. Banyak hal yang membuat hati anak remaja seolah-olah tidak dapat melepaskan diri dari gadget, sehingga ia menjadi kurang bersosialisasi dengan orangtua nya dan lebih memilih bersenang-senang dengan dunianya sendiri.
2. Remaja Menjadi Malas Belajar
Ini merupakan dampak negatif yang sangat signifikan terlihat. Seperti pada saat akan ada ulangan, para remaja malah mengabaikan tugas mereka untuk belajar dan lebih memilih untuk bersantai dan bersenang-senang dengan gadget kesayangannya, yang akhirnya akan berdampak pada turunnya prestasi anak tersebu dan kehancuran pada nilaintya.
3. Penyalahgunaan Tindakan Kriminalitas dan Asusila
Hal ini juga merupakan dampak negatif yang akan terjadi jika para remaja tidak dapat mensortir perkembangan teknologi. Banyak anak yang menjadi korban tindakan kriminal yang hanya dimulai dari berkenalan dengan orang yang tidak dikenal melalui jaringan sosial yang dapat berujung kepada penculikan dan pencurian harta benda. Tindakan asusila seperti pornografi juga menjadi masalah yang cukup sering terjadi di masyarakat kalangan remaja.

Iqbal Setyawan_15_9E
Copyright : eliciadenny03.wordpress.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.